
NEWBIZ.ID.POLIJE – Tim pengabdian Politeknik Negeri Jember (Polije) terus memperkuat kawasan wisata Rembangan di Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Salah satunya dengan mengembangkan Teaching factory (TeFa) Resto Kemuning Polije yang berada jalur menuju destinasi wisata Rembangan. Dengan nama New Resto Kemuning.

Tim pengabdian Polije ini terdiri dari Ratih Ayuninghemi, S.ST, M.Kom sebagai Ketua pelaksana. Anggotanya Endro Sugiartono, SE, MM, Alwan Abdurahman, SH, MM, Ir. Amar Subagiyo, MM. Program pengabdian ini dibiayai oleh DIPA Polije.
New Resto Kemuning yang berdiri sejaka 2010 ini menjadi Mitra Program Pengabdian Kepada Masyarakat Polije. New Resto Kemuning ini melayani dan terbuka untuk umum, khususnya menyediakan menu kuliner pilihan, dari menu utama hingga makanan ringan, dan minuman. Menu andalannya adalah kuliner serba pedas seperti lalapan, ikan pe pedas, ayam, dan sebagainya, serta juga menyediakan aneka minuman.
Pada bagian dalam resto, terasa nuansa tempo dulu yang syahdu. Ada pilar khas bangunan zaman dulu, juga meja kursi makan yang lapang. Sedangkan di bagian luar disediakan gazebo untuk pilihan menikmati makanan secara lesehan dengan menatap hamparan taman dihiasi kolam ikan yang indah.
Berdasarkan survey pendahuluan tim pengabdian Polije diperoleh informasi bahwa kondisi TeFa Resto Kemuning masih belum optimal, khususnya tata kelola keuangan. Selain itu, kemampuan sumber daya belum menguasai sistem informasi dengan baik. “ TeFa Resto Kemuning sebagai mitra pengabdian masyarakat Polije kami lihat memeiliki beberapa kekurangan, salah satunya belum optimalnya kinerja tata kelola keuangan,” kata Ratih Ayuninghemi, S.ST, M.Kom sebagai Ketua pelaksana Pengabdian Polije.
Menurut dia, tujuan untuk membantu meningkatkan kinerja TeFa Resto Kemuning dalam hal penguatan sistem informasi sebagai inovasi pendukung kinerja bisnis dan daya tarik pengunjung yang sekaligus sebagai pengembangan unit bisnis. “Kegiatan pengabdian ini direncanakan dengan memberikan materi terkait permasalahan sistem pemesanan dan pembayaran yang dilakukan secara manual sekaligus peningkatan kinerja tata kelola keuangan sesuai dengan keahlian masing-masing yang meliputi pelatihan pengoperasian dan pengelolaan sistem informasi keuangan berbasis website yang meliputi reservasi, daftar menu, serta proses pembayarannya,” ujarnya.
Target luaran yang akan dihasilkan dalam meningkatkan layanan bisnis Resto Kemuning melalui sistem keuangan berbasis website diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi. Solusi pemecahan permasalahan yang dilakukan, dengan jalan melibatkan seluruh pihak pengelola TeFa Resto Kemuning secara bersama-sama.
Luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Peningkatan level keberdayaan TeFa Resto Kemuning. “ Yaitu mampu mengoperasikan sistem informasi berbasis website yang didalamnya terdapat fitur reservasi tempat, menu, dan pembayaran secara online; dan Mampu mengelola keuangan secara digital dalam perkembangan unit bisnis TeFa Resto Kemuning,” imbuh Endro Sugiartono, SE, MM anggota tim Pengabdian Polije. (ron)
 
		
